[Choipan Yang Bikin Kamu Ketagihan] Choipan – @Kongmoi_Kitchen, Instagram

IMG_4698
Choipan Kucai + Tahu (Kanan) & Choipan Bengkuang + Ebi (Kiri)

๐Ÿ“ŒIn frame : Kucai + Tahu (Kiri) & Bengkuang + Ebi (Kanan).
๐Ÿ’ฐPrice : Rp. 3.000/pcs.
๐Ÿ“Loc : Krendang, Jakarta.

Kualitas : 9.5

Lokasi : 8.0

Ruang : Take away only

Servis : 8.5

Harga : 9.5

Apa sih choipan itu? Beberapa orang mungkin sudah tau, beberapa orang mungkin pernah dengar, dan mungkin beberapa orang sama sekali belum pernah tau dan coba! Padahal choipan itu makanan khas yang enak banget. Ok, menurut Sashy Little Kitchen,ย Choi pan atau chai kue merupakan salah satu makanan yang sangat identik dengan kota Pontianak, Kalimantan Barat. Meskipun sangat populer dan sudah dikenal lama di Pontianak ternyata choi pan ini bukan makanan asli Pontianak melainkan hasil pengaruh yang dibawa oleh keturan Chinese perantauan dari Tiongkok yang datang dan menetap di Indonesia. Hal ini terlihat dari asal kata chai kue atau choi pan itu sendiri yang berasal dari bahasa China, dimana chai berarti sayuran sementara kue berarti kue, jadi secara harfiah chai kue berarti kue yang berisi sayuran.

Choi pan sendiri memang merupakan sejenis dimsum yang berisi sayuran dan dimatangkan dengan cara dikukus. Isiannya biasanya variatif mulai dari bengkoang dan talas yang dicampur ebi atau rebung dan kucai yang diiris. Sementara bagian kulitnya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu sehingga menghasilkan texture kulit yang licin dan kenyal, lalu bagian luarnya dilumuri dengan minyak bawang putih dan bawang putih yang digoreng. (http://www.sashylittlekitchen.com/2016/10/choi-pan-atau-chai-kue-khas-pontianak.html)

Nah sudah tau kan apa itu choipan?

EatWithKoko merupakan pencinta Choipan! Dan dari semua choipan yang pernah EatWithKoko coba, @kongmoi_kitchen will serve you the best Choipan in town. Kulit choipannya lembut, dan isinya banyak banget. Enak, gurih, asinnya pas. @kongmoi_kitchen punya dua jenis choipan yang patut kalian coba, yaitu Bengkuang + Ebi dan Kucai + Tahu. Dan harganya? 3ribu/pcs! Hal yang keren lainnya adalah, ini home made, sama sekali tidak mengandung bahan pengawet. Order minimal 1 hari sebelum hari pengiriman.

Untuk Bengkuang + Ebi, choipan dari kongmoi kitchen ini besar banget, kalo biasa tipis ini tebel dan berasa banget bengkuang serta ebinya. Dicocol di sambel pun pengen lagi dan pengen lagi.

Untuk Kucai + Tahu, ini merupakan choipan isi lain yang pertama kali #EatWithKoko coba. Karena dari awal, #EatWithKoko selalu maunya yang bengkuang. Tapi ternyata, Kucai + Tahu nya enak banget. Dan pasti bakalan #EatWithKoko pesen lagi.

Sambelnya enak, pedesnya pas, kalau kurang asam kalian bisa tambahkan cuka juga sesuai selera. Ah this is perfecto!

Penasaran kan? Yuk cobain!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s